Surat untuk “Mantan”

March 21, 2011

Rumahku, Malam berhujan

Dear “Mantan,”

Hai, “M.” Apa kabar? Kuharap kau baik-baik saja dan selalu memberikan manfaat untuk sekitarmu.

“M,” aku mendengar berbagai berita tentangmu. Kata mereka kau sekarang sudah punya pasokan tenaga baru yang aduhai. Aku senang mendengarnya. Kuharap kau bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Tapi “M,” kenapakah kau masih menggangguku dengan segala pertanyaan yang kiranya bisa kau jawab sendiri?? Aduh, sudah lama aku berpisah denganmu dan meninggalkan kotamu, tapi kok sepertinya kau belum kunjung membaik. Kemarin dulu kau berulang tahun bukan? Maaf, aku tidak memberikan ucapan untukmu. Kau merayakannya seperti biasa dengan teman-temanmu. Aku senang kau masih bisa berpesta pora. Tapi jangan khawatir, walaupun aku tidak mengucapkan apa pun padamu, aku mendoakan yang terbaik untukmu.

Dan “M,” kalau boleh aku memberimu saran; tolonglah kau perbaiki sikapmu. Tidakkah kau seharusnya mulai menjejak dengan mantap? Tanpa adanya pasokan datang-pergi tanpa arti? Tidakkah sebaiknya kau lebih memperhatikan apa yang kau punya, bukannya apa yang tidak kau punya agar kau bisa bersyukur? Jikalau ada yang pergi, setidaknya berikanlah perhatian dan persiapkan hal-hal yang memang harus kau lakukan. Jangan sampai kau membiarkan sesuatu hal pergi dengan gampangnya, lalu di saat kau punya kesulitan-kesulitan yang berhubungan dengannya kau menggunakan segala cara untuk menanyakan padanya. Aku rasa itu kurang etis.

Kuharap kau juga meningkatkan kemampuanmu melalui cara-cara yang positif. Berikanlah perhatian yang merata terhadap sekitarmu. Jangan kau mengabaikan salah satunya dan hanya mendekatinya saat kau memerlukannya. Kalau kau merusak sesuatu, hal itu akan berdampak pada yang lainnya.

Baiklah “M,” kurasa cukup sekian saja kata-kataku untukmu.

~Aku~

Hidrokarbon

March 16, 2011

Senyawa hidrokarbon adalah persenyawaan organik yang hanya mengandung atom karbon dan hidrogen. Senyawa hidrokarbon didapatkan di alam terutama dalam bentuk gas alam dan minyak mentah (crude oil). Masyarakat menggunakan senyawa hidrokarbon untuk minyak dan sumber bahan mentah yang murah. Sebagian besar minyak yang kita pakai didapatkan dari pemurnian minyak mentah. Minyak mentah adalah suatu campuran persenyawaan kompleks yang sebagian besar tersusun atas hidrokarbon.

Hidrokarbon diklasifikasikan berdasarkan jenis ikatannya menjadi 2 macam, yaitu:
1. Hidrokarbon jenuh
Hidrokarbon jenuh, yaitu hidrokarbon yang tersusun atas senyawa karbon yang mempunyai ikatan tunggal.
ex. senyawa hidrokarbon golongan alkana

2. Hidrokarbon tak jenuh
Hidrokarbon tak jenuh, yaitu hidrokarbon yang tersusun atas senyawa karbon yang mempunyai ikatan rangkap.
ex. senyawa hidrokarbon golongan alkena dan alkuna

Alkana
adalah senyawa hidrokarbon yang seluruh ikatannya tunggal, tidak mempunyai ikatan rangkap. Rumus untuk senyawa alkana adalah:
CnH2n+2

ex.
CH4 >> metana
C2H6 >> etana
C3H8 >> propana
dst.

Sifat-sifat Alkana
a. Termasuk senyawa nonpolar, tidak larut dalam air. Pelarut yang baik untuk hidrokarbon adalah pelarut nonpolar, seperti CCl4 atau eter.
b. Makin banyak atom C, titik didih makin tinggi. Untuk hidrokarbon yang berisomer, titik didih makin tinggi jika rantai C makin panjang (bercabang sedikit).
c. Pada suhu dan tekanan biasa, Ch4 – C4H10 berwujud gas; C5H12 – C17H36 berwujud cair; c18H38 berwujud padat.
d. Jika direaksikan dengan atom-atom halogen (F, Cl, Br, I), atom-atom H pada alkana mudah digantikan dengan atom-atom halogen.
e. Alkana dapat mengalami oksidasi dengan gas oksigen, menghasilkan energi. Hal ini menyebabkan alkana dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

Alkena
adalah senyawa hidrokarbon yang mempunyai sebuah ikatan rangkap dua. Rumus untuk senyawa alkena adalah:
CnH2n

ex.
C2H4 >> etena (etilena)
C3H6 >> propena (propilena)
C4H8 >> butena
dst.

Sifat-sifat Alkena
a. Mempunyai sifat-sifat yang sama dengan alkana. Sifat a, b, dan c pada alkana juga dimiliki oleh alkena.
b. Alkena dapat mengalami adisi. Adisi adalah pengubahan ikatan tak jenuh menjadi ikatan jenuh dengan cara menangkap ato-atom lain, berupa gas hidrogen, halogen, asam-asam halida (HF, HCl, HBr, HI).
c. Alkena dapat mengalami polimerisasi. Polimerisasi adalah penggabungan molekul-molekul sejenis menjadi molekul raksasa, sehingga berantai karbon sangat panjang.

Alkuna
adalah senyawa hidrokarbon yang mengandung sebuah ikatan rangkap tiga. Rumus untuk senyawa alkuna adalah:
CnH2n-2

ex.
C2H2 >> etuna
C3H4 >> propuna
C4H6 >> butuna
dst.

~~to be continue

New Activity

March 8, 2011

Akhir-akhir ini saya mulai menikmati kegiatan saya bermain sekolah-sekolahan. Paling enjoy waktu bikin modul buat privat bahasa inggris kelas 3 SD. Memilih-milih gambar, susunan kata, permainan, dan konsep pemahaman. Hihihiihi,,, ternyata menyenangkan. Jadi malah keasikan browsing.

Karena bujet buat beli buku tipis, jadi lebih praktis browsing. bisa pilih-pilih topik mana yang mau dibahas, bikin modul 1-2 halaman. Waktu bikin modul bisa sekaligus belajar merancang gimana caranya biar materi itu menarik perhatian si anak. So far, saya memang comot sana-sini. Tapi modul 1-2 halaman per topik bisa dikumpulin buat referensi kalo diminta ngajar lagi tahun depan. Hohohooho,, lumayan buat modal.

Yah, itu adalah aktivitas saya untuk pekerjaan yang sekaligus membuat saya senang dan bisa berkreasi. I’m enjoying this activity.

Singing at the Karaoke

March 5, 2011

Ini adalah kali kesekian saya berkaraoke ria dengan sahabat-sahabat saya. Rabu, 2 Maret 2011, saya dan kedua sahabat saya berkaraoke di kota Mojokerto; Moxer bahasa kerennya. Saya, Dian, dan Dyah-neechan berkaraoke ria untuk melepas penat. Kenapa saya memilih Moxer? Karena saya bisa dapet freepass untuk berkaraoke, bisa keliling di kota orang [Dian], dan mencoba mencicip makanan khas.

Anyway, ini adalah tentang karaoke. Setelah duduk manis di sofa ruang karaoke small, kami bertiga pun sibuk memilih-milih lagu apa yang pingin dinyanyikan. Ga masalah soal suara saya yang cempreng karena pilek, ato nyanyian yang ga pas nadanya, ato apa pun itu. Pokoknya intinya adalah melepas penat dan bersenang-senang dengan bernyanyi. Okelah, tiba giliran saya untuk memilih lagu, dan saya memilih Insomnia-nya Craig David. Wahahhaha,, lagunya susah euy!! Walhasil nyanyinya amburadul. Tapi kan ga ada yang komplen, jadi ya sabodo amat dah.

~~

Because I can’t sleep till you’re next to me

No I can’t live without you no more

Oh, I’ll stay up till you’re next to me

Till this house feels like it did before

Feels like insomnia aaaaaahhh~~~

Feels like insomnia aaaaaahhh~~~

~~

Yah itulah, lagu yang itu yang saya dan Dian nyanyikan dengan superamburadul. Kenapa saya pilih lagu itu? Karena lagu itu sering saya putar, terutama yang versi remix duetnya Craig dan Wheesung.

Lalu masih ada lagi beberapa lagu yang juga amburadul seperti Nobody Nobody but You-nya Wonder Girl; Haru Haru-nya Big Bang; dan lagu lawas The Boy Is Mine-nya Brandy & Monica. Kami sampai cekikikan di ruang karaoke. Ternyata sesi karaoke kemarin adalah seputar Backstreetboys, Boyzone, Britney Spears, N’ Sync, dan The Beatles. Dan akhirnya, saat waktu 3 jam berakhir, ditutup dengan lagu Kopi Dangdut.

Oh ya, ini tadi ada tambahan. Di sesi The Beatles, ada adegan di videoklip yang bikin kita ngikik geli di tengah-tengah menyanyi. Itu adalah adengan seorang cewek mijitin suaminya, udah kerasa keenakan dipijitin tau-taunya mijitnya ganti pake alat sikat bergagang panjang. Wakakakkakak… semacem alat bantu pijatkah itu?? Hohohoohohoho….

Sesi karaoke kemarin adalah sesi yang lain dari yang lain menurut saya. Sudah beberapa kali berkaraoke ria tapi baru kemarin saya serasa nyanyi sambil nonton. Saya sangat menikmati video klip dari lagu-lagu yang kami nyanyikan. Serasa nostalgia, begitu banyak komentar terlontar, keterkejutan, kenangan, dan kilasan-kilasan masa-masa lagu yang dinyanyikan itu lagi ngetop-ngetopnya. Benar-benar suasana yang menarik.

Sebenarnya saya kepengen nyanyi lagunya Avril yang Innocence, tapi ternyata ga ada di daftar. Lagu itu adalah lagu wajibnya temen saya kalo pas lagi karaoke. Tapi tapi tapi, sesi kemarin itu sangaaaaaaaaaatttt menyenangkaaaann. Saya kepengen lagi jadinya. Next time mungkin, setelah urusan kami bertiga selesai dan sudah punya waktu luang lagi. Saya akan merencanakan untuk karaoke dan berenang. ^^

Son of The Mask

March 5, 2011

Yah, itulah judul film yang baru saja saya tonton.

Berawal dari sebuah topeng milik dewa yang ditemukan oleh seekor anjing peliharaan. Topeng tersebut lalu diberikan kepada sang majikan dan dipakai untuk mengikuti pesta kostum yang diselenggarakan oleh kantornya. Nah, ya, topeng itu mengubahnya menjadi makhluk hijau yang sangat atraktif dan superribut. Suasana pesta yang tadinya suram menjadi meriah dengan adanya makhluk hijau itu. Then, party is over and time to go home.

Sesampainya di rumah, saking semangatnya, tanpa disadari, terjadilah hal-hal yang diinginkan dengan sang istri. Dan akhirnya, sang istri pun hamil. Hanya saja, karena saat melakukan hal-hal yang diinginkan tadi si pria masih berwujud makhluk hijau karena topeng, si bayi yang lahir pun mempunyai kemampuan yang unik. Si bayi mewarisi sifat-sifat jail dewa pemilik topeng itu. Hell yeah, karena si suami sebenarnya belum siap untuk mempunyai bayi, saat sang istri bertugas di luar kota selama seminggu pun dia kelimpungan mengurus sang bayi. Ditambah lagi sang bayi menunjukkan sifat-sifat kejailannya dan membuat sang ayah stress berat!!

Di lain pihak, dewa pemilik topeng sedang mencari topengnya. Apa pun yang terjadi, dia harus mendapatkan kembali topengnya. Kalau tidak, yah, kekuatan dewa-nya akan dicabut oleh sang raja dewa yang tak lain adalah ayahnya. Wokwou. Dimulailah pencarian sang dewa ini. Raja dewa mengatakan bahwa karena topeng itu, satu lagi bayi sudah lahir. Walhasil pencarian bayi berkekuatan dewa pun dimulai.

Saya kira banyak yang sudah nonton film ini berkali-kali, jadi saya kira semua sudah tau endingnya. Secara keseluruhan, film ini sangat kocak. Namun, ada beberapa pesan yang bisa diambil. Ini sih berdasarkan sudut pandang saya, jadi semuanya menurut pendapat saya saja.

1. Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal apa pun.

Sang ayah yang terinspirasi dengan makhluk hijau hiperaktif, menuangkannya menjadi tokoh komik/kartun. Namun, di saat dia harus melakukan presentasi di depan para petinggi, dia malah terjebak harus mengurus si bayi yang semakin membuatnya stress dan tampak seperti orang gila. Akhirnya, dia terlambat datang dan terpaksa dipecat oleh sang bos. Di akhir film, ditampilkan bahwa sang ayah kembali mendapatkan inspirasi dari makhluk hijau dan kehiperaktifan buah hatinya. Membuat cerita menarik yang memukau si bos yang sudah memecatnya.

Perjuangan si ayah yang pantang menyerah dengan pekerjaannya, akhirnya berhasil membuat cerita yang menarik. Saya rasa, dalam hal apa pun, kalau kita tidak pantang menyerah, maka hasil apa pun yang kita peroleh akan terasa manis dan memuaskan.

2. Berusaha memahami dan menerima kekurangan dan kelebihan orang lain.

No body’s perfect. Semua orang mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dalam film ini, terlihat bahwa si suami berusaha memahami keinginan sang istri untuk punya bayi. Dan saat si suami mengatakan bahwa dia belum siap, maka si istri pun berusaha untuk sabar. Eh ya, kok dari tadi suami-istri ya,, wkwkkwkwkwkwk… Lalu, si istri juga berusaha memahami keanehan-keanehan sifat sang suami dan sebaliknya, sang suami juga memahami kekurangan sang istri.

Saat si bayi lahir, si suami menjadi ayah. Siap tidak siap, dia pun akhirnya terlibat juga dalam mengurus bayi. Lalu saat harus merawat si bayi seorang diri karena si ibu sedang bertugas ke luar kota, si ayah harus menghadapi kenakalan-kenakalan si bayi. Saat akhirnya si bayi akan dibawa pergi oleh si dewa edan itu, toh si ayah tetap berjuang untuk mendapatkan kembali bayinya. Senakal apa pun si bayi, tetap saja dia adalah buah hatinya. Jiwa ayahnya mencegahnya untuk membiarkan si dewa membawa pergi bayinya.

Lalu ada lagi konflik si dewa dengan raja dewa. Raja dewa tidak puas dengan anaknya yang berbeda dengan kakaknya. Raja dewa berharap anaknya yang bungsu ini menjadi seperti kakaknya. Yah, pada akhirnya ayah si bayi menyadarkan si raja dewa bahwa hubungan ayah dan anak itu sangat berharga. Tidak ada yang namanya mantan anak atau mantan ayah sekalipun mungkin si ayah sudah mengusir si anak. Ada baiknya berusaha memahami sifat masing-masing tanpa harus memaksakan kehendak. Tapi tidak berlaku untuk hal-hal yang tidak baik.

Anyway, treat people as you want to treat. Tapi kalau perlakuan baik kita dibalas dengan tidak baik oleh orang lain, jangan berkecil hati. Semua ada imbal baliknya, tapi kalau melakukan sesuatu jangan mengharapkan imbal balik, ikhlas saja.

That’s all for this time. Kalau ada yang mau sharing ya monggo.

Selamat berhari sabtu.