Hei, digital voice recorder. Ide apa yang bisa gw dapet siy? Ampun deh ah.

Okeh,, ngomong soal digital voice recorder, gw bener-bener blom punya ide apa-apa. Sigh,, how awful.

Beberapa hari lalu siy gw nonton tayangan apa siy, Jo** *****u apa yak? Dia lagi survey isi tas para mahasiswa di salah satu universitas, tau deh universitas apan. Kalo zaman gw kuliah dulu siy isi tas gw ada binder, kotak pensil, fotokopian, buku [kalo pas punya], sapu tangan, mukena. Kalo temen-temen gw mungkin ditambah sabun muka, sisir, alat make up.

Nah, menurut tayangan tv kemarin, isi tas mahasiswa itu adalah [ditulis berdasarkan yang paling banyak dibawa]:

1. Binder
2. Alat tulis
3. Make up
4. Dompet

Dan hei,, kenapa mahasiswa sekarang ga repot-repot bawa buku kaya zaman gw dulu ya? Hadoohh,,, bahkan ada yang isi tasnya sama sekali ga ada hubungannya sama kuliah. Alamaakk.. dia nyatetnya gimana dan pake apa ya?

Kalo ada yang bawa notebook ato leptop siy gw masih bisa memprediksi thu bocah pada nyatetnya langsung di komputer. Nah kalo binder ga bawa, kertas ga ada, alat tulis ga diangkut, macam mana pula mereka menyerap materi kuliah? “Fotokopi lah..” mungkin gitu deh jawabannya. Fotokopi diktat dosen ato ngopi slide dosen kalo pas kuliahnya pake proyektor. Semuanya bisa diakali.

Tapi mungkin ada praktisnya juga kalo misalnya pake alat perekam. Ga perlu repot dan cape nulis penjelasan dosen. Bisa menghemat pengeluaran fotokopi, kecuali emang itu diwajibin sama dosennya 😀

Ga perlu yang mahal lah kalo cuma buat kuliah. Gw rasa digital voice recorder yang satu ini bisa maksimal buat keperluan ngerekam penjelasan dosen. Bentuknya pena dan udah punya memori internal 2 GB. Bisa buat dengerin mp3 juga. Jadi, kalo untuk ngerekam kuliah seharian juga bisa gw rasa. Kalo keabisan baterai, tinggal lari ke labkom, bajak deh thu colokan USB yang nganggur.

Dengan alat perekam itu luw bisa playback penjelasan dosen yang njelimet, panjang, lebar, kali tinggi.

Nah, selain buat mahasiswa, bisa dipake apa lagi thu alat perekam? Namanya juga alat perekam suara, pasti ujung-ujungnya juga buat ngerekam suara. Mostly, user alat perekam itu biasanya:

1. Businessman
Biasanya buat ngerekam pas waktu meeting. Jadi si A ngomong apa, si B ngomong apa, semua ada bukti otentiknya buat si bos. Bisa juga kalo si bos lagi review kinerja karyawan. Sesi tanya-jawab juga bisa direkam sembari si bos pura-pura nulis catetan. Kalo udah kelar, tinggal didengerin lagi untuk cek akhir.

2. Detektif / Penyelidik
Profesi penyelidik / detektif biasanya udah akrab banget sama alat-alat mata-mata. Mereka kan suka ngomong tentang apa yang bisa dijadikan barang bukti. Misalnya, “saya menemukan pisau di antara tumpukan sampah,” atau “benda ini terletak di tempat yang tidak semestinya.” Semua yang ada di TKP biasanya selalu direkam, video, foto, rekaman suara, semuanya penting. Jadi, alat ini bisa multifungsi juga buat si detektif ini. Bisa untuk nulis catetan sambil merekam apa yang dia ucapkan saat itu.

3. Penulis
Kalo penulis, biasanya dipake untuk “menangkap ide.” Kali-kali dia lagi di kereta terus mendadak dapet wangsit. Kalo pas dia lagi ga ngantongin kertas kan bisa ngomong aja sambil direkam. Jadi ide yang terlintas ga akan ilang karena lupa. Seperti yang kita tau, ide datengnya suka cuma numpang lewat doing. Sedetik terlintas, detik berikutnya kita uda lupa tadi mikir apa. Hehehe…

4. Interviewer [hrd, wartawan, etc]
Interviewer, mostly gw asumsikan yang paling sering adalah wartawan ato reporter sama bagian hrd. Bisa aja siy pake BB secara sekarang uda umum banget semua pake BB. Multifungsi katanya. Embeeerr,, multifungsi, tapi gw rasa yang ini juga ga kalah sama BB. Tidak menghalangi aktivitas menulis dan merekam.

5. Penyanyi dan Pencipta Lagu
Pencipta lagu biasanya suka ngerekam hasil kasarnya buat didengerin lagi. Tambal sana-sini sampe jadi jalinan yang oke punya. Hasil akhirnya juga direkam lah pastinya. Jadi mereka bisa tau mana yang udah pas, mana yang masih perlu diperbaiki lagi. Penyanyi juga sama siy. Cuma kalo penyanyi siy biasanya rekaman di studio, jadi mungkin alat ini bisanya buat ngerekam pas lg latian vokal.

Nah, itu siy beberapa user yang paling sering pake voice recorder. Selain itu bisa dipake apa lagi? Okeh, kita loncat ke fungsi berikutnya. Kalo gw bilang bisa buat nangkep suara hantu apa pada percaya ya? Weleh-weleh, mungkin pada geleng-geleng kepala niy semua. Tapi beneran bisa kok.

Menurut pengalaman para penangkap hantu siy, mereka sering pake alat perekam buat nangkep suara hantu. Semuanya emang tergantung imajinasi mau dipake apa alat perekam ini. Cuma mau dipake ngerekam penjelasan dosen sampe dijadiin alat mata-mata juga bisa. Dan kalo gw dikasih alat perekam suara, kira-kira bakal gw pake apa ya?? Malah bingung sendiri gw jadinya. Hehehhehe…

Advertisements

Jumat Tanpa Semangat

June 3, 2011

Today is Friday. Usually, we suppose to be happy when Friday’s come. That’s why common phrase “Thank God it’s Friday” is used.

Eh ya, tapi hari ini beneran ga semangat deh. Bukan karena semua pada cuti bersama dan gw engga. Ga tau de kenapa bisa gitu. And today’s rank is 6 of 10. I’m not telling that today was awful, just rather one of my bad days.

Yesterday, I’ve got new assignment. Make many articles for one of my company’s websites. My big boss had teaching me how to make fast article. He said that we’re not paying attention to the content yet, but they’re supposed to be enough keywords. The goal is to create traffic to our website. Once we got the traffic, soon we’ll be recreated and fix the article’s content.

He gives me a try after he gave me an example. I do as he says. My try wasn’t that bad, almost as he desired me to do. Then, I’m making two more articles that day.

Despite of my success yesterday, today was my bad day. I go to work with less spirit than usual. Rather sleepy and my eye is blurring. Right after I turned the pc on, I start to continue my last assignment. The lists were still many. Still need much works and will and creativity to meet the deadline.

After hours, I have made 3 articles of 10 targets per day. Still is too far. And when it’s nearly time to go home, my boss messaging me that I had miss few principles of making article. Hmm.. my fault. He checks my yesterday’s results and recent articles I made. He lists all of my mistakes.

I’d rather shock. But then, after he told me all of my mistakes, he did apology and telling me not to take it to mind if he reminds me. I didn’t expect that apology. I tell him I’ll just recheck and fix the mistakes. I take it in mind firstly, but then I realize that if we never knew we’ve made mistake, how could we get better in anything? I’m overwhelmed. His critic makes me better than I was. So how could I take it in mind?

I promise myself to do better tomorrow. I try to reach daily target step by step. Yesterday was 3. Today was 3. Tomorrow would be 4 or 5. Implement the suggestions I’m given.