Digital Voice Recorder, Telaah Campur Aduk

June 12, 2011

Hei, digital voice recorder. Ide apa yang bisa gw dapet siy? Ampun deh ah.

Okeh,, ngomong soal digital voice recorder, gw bener-bener blom punya ide apa-apa. Sigh,, how awful.

Beberapa hari lalu siy gw nonton tayangan apa siy, Jo** *****u apa yak? Dia lagi survey isi tas para mahasiswa di salah satu universitas, tau deh universitas apan. Kalo zaman gw kuliah dulu siy isi tas gw ada binder, kotak pensil, fotokopian, buku [kalo pas punya], sapu tangan, mukena. Kalo temen-temen gw mungkin ditambah sabun muka, sisir, alat make up.

Nah, menurut tayangan tv kemarin, isi tas mahasiswa itu adalah [ditulis berdasarkan yang paling banyak dibawa]:

1. Binder
2. Alat tulis
3. Make up
4. Dompet

Dan hei,, kenapa mahasiswa sekarang ga repot-repot bawa buku kaya zaman gw dulu ya? Hadoohh,,, bahkan ada yang isi tasnya sama sekali ga ada hubungannya sama kuliah. Alamaakk.. dia nyatetnya gimana dan pake apa ya?

Kalo ada yang bawa notebook ato leptop siy gw masih bisa memprediksi thu bocah pada nyatetnya langsung di komputer. Nah kalo binder ga bawa, kertas ga ada, alat tulis ga diangkut, macam mana pula mereka menyerap materi kuliah? “Fotokopi lah..” mungkin gitu deh jawabannya. Fotokopi diktat dosen ato ngopi slide dosen kalo pas kuliahnya pake proyektor. Semuanya bisa diakali.

Tapi mungkin ada praktisnya juga kalo misalnya pake alat perekam. Ga perlu repot dan cape nulis penjelasan dosen. Bisa menghemat pengeluaran fotokopi, kecuali emang itu diwajibin sama dosennya😀

Ga perlu yang mahal lah kalo cuma buat kuliah. Gw rasa digital voice recorder yang satu ini bisa maksimal buat keperluan ngerekam penjelasan dosen. Bentuknya pena dan udah punya memori internal 2 GB. Bisa buat dengerin mp3 juga. Jadi, kalo untuk ngerekam kuliah seharian juga bisa gw rasa. Kalo keabisan baterai, tinggal lari ke labkom, bajak deh thu colokan USB yang nganggur.

Dengan alat perekam itu luw bisa playback penjelasan dosen yang njelimet, panjang, lebar, kali tinggi.

Nah, selain buat mahasiswa, bisa dipake apa lagi thu alat perekam? Namanya juga alat perekam suara, pasti ujung-ujungnya juga buat ngerekam suara. Mostly, user alat perekam itu biasanya:

1. Businessman
Biasanya buat ngerekam pas waktu meeting. Jadi si A ngomong apa, si B ngomong apa, semua ada bukti otentiknya buat si bos. Bisa juga kalo si bos lagi review kinerja karyawan. Sesi tanya-jawab juga bisa direkam sembari si bos pura-pura nulis catetan. Kalo udah kelar, tinggal didengerin lagi untuk cek akhir.

2. Detektif / Penyelidik
Profesi penyelidik / detektif biasanya udah akrab banget sama alat-alat mata-mata. Mereka kan suka ngomong tentang apa yang bisa dijadikan barang bukti. Misalnya, “saya menemukan pisau di antara tumpukan sampah,” atau “benda ini terletak di tempat yang tidak semestinya.” Semua yang ada di TKP biasanya selalu direkam, video, foto, rekaman suara, semuanya penting. Jadi, alat ini bisa multifungsi juga buat si detektif ini. Bisa untuk nulis catetan sambil merekam apa yang dia ucapkan saat itu.

3. Penulis
Kalo penulis, biasanya dipake untuk “menangkap ide.” Kali-kali dia lagi di kereta terus mendadak dapet wangsit. Kalo pas dia lagi ga ngantongin kertas kan bisa ngomong aja sambil direkam. Jadi ide yang terlintas ga akan ilang karena lupa. Seperti yang kita tau, ide datengnya suka cuma numpang lewat doing. Sedetik terlintas, detik berikutnya kita uda lupa tadi mikir apa. Hehehe…

4. Interviewer [hrd, wartawan, etc]
Interviewer, mostly gw asumsikan yang paling sering adalah wartawan ato reporter sama bagian hrd. Bisa aja siy pake BB secara sekarang uda umum banget semua pake BB. Multifungsi katanya. Embeeerr,, multifungsi, tapi gw rasa yang ini juga ga kalah sama BB. Tidak menghalangi aktivitas menulis dan merekam.

5. Penyanyi dan Pencipta Lagu
Pencipta lagu biasanya suka ngerekam hasil kasarnya buat didengerin lagi. Tambal sana-sini sampe jadi jalinan yang oke punya. Hasil akhirnya juga direkam lah pastinya. Jadi mereka bisa tau mana yang udah pas, mana yang masih perlu diperbaiki lagi. Penyanyi juga sama siy. Cuma kalo penyanyi siy biasanya rekaman di studio, jadi mungkin alat ini bisanya buat ngerekam pas lg latian vokal.

Nah, itu siy beberapa user yang paling sering pake voice recorder. Selain itu bisa dipake apa lagi? Okeh, kita loncat ke fungsi berikutnya. Kalo gw bilang bisa buat nangkep suara hantu apa pada percaya ya? Weleh-weleh, mungkin pada geleng-geleng kepala niy semua. Tapi beneran bisa kok.

Menurut pengalaman para penangkap hantu siy, mereka sering pake alat perekam buat nangkep suara hantu. Semuanya emang tergantung imajinasi mau dipake apa alat perekam ini. Cuma mau dipake ngerekam penjelasan dosen sampe dijadiin alat mata-mata juga bisa. Dan kalo gw dikasih alat perekam suara, kira-kira bakal gw pake apa ya?? Malah bingung sendiri gw jadinya. Hehehhehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: