Perbedaan Penetapan 1 Syawal 1432 H

September 10, 2011

Tahun ini ada perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 H— Idul Fitri. Oke, untuk tahun-tahun sebelumnya memang saya cuek saja soal penanggalan Hijriyah dan penetapan 1 Syawal. Tapi tahun ini mendadak saja ada yang terlintas di kepala saya.

Kalau penetapan tanggalnya berbeda, bukankah untuk seterusnya juga akan terjadi perbedaan ya?

Anggap saja Ramadhan ini seperti bulan Februari-nya tahun Masehi. Kalau jumlah hari di bulan Februari adalah 28, maka setahun ada 365 hari. Kalau jumlah harinya 29 ya setahun ada 366 hari. Nah, kalau jumlah hari di bulan Ramadhan berselisih 1 hari, 29 dengan 30, bukankah jumlah hari dalam setahun juga akan selisih 1 hari untuk seterusnya?

Lalu mengapa di periode sebelumnya hanya ada perbedaan penetapan 1 Syawal saja? Untuk penetapan 10 Dzulhijjah—Idul Adha—tetap bersamaan. Apakah ada jumlah hari yang tidak sama lagi ya?

Yah ini sih selintas pemikiran yang muncul di kepala saya yang awam tentang penanggalan dan jumlah hari. Bingung saya mikir ketinggian. Hehehe.. Kalau ada yang bisa menjelaskan ke saya hal detailnya, mohon pencerahannya. Kok saya masih kepikiran ya.

perbedaan penetapan 1 syawal

Please, explain me

Leave a Reply

