Hari Gajian – Tragedi Cash & Transfer

June 6, 2012

This is about “Hari Gajian”

Well, obviously as a worker, we always expect time for Salary Day or Payment Day or Hari Gajian or whatever it called. After a month hard working and perhaps even extra time, we really glad when it comes to us get paid.

payment day

Tulisan ini dipicu kejadian saat hari gajian terakhir di kantor saya. Kalau sebelumnya, di kantor yang lama, gaji saya ditransfer langsung ke rekening; di kantor yang sekarang saya dibayar tunai. Bukan baru kali ini sih mengalami gajian tunai tapi sensasinya memang beda dengan waktu gajian transfer.

Okelah, langsung saja ke insiden saat hari gajian yang terakhir. Jumlah karyawan di kantor saya yang sekarang memang ga banyak, tapi entah kenapa sore-sore sebelum bagi-bagi gaji, si bos menginfokan kalau ada 2 karyawan yang gajinya ditransfer aja. Kedua karyawan yang dimaksud masih kuliah, so, no problem lah kalau ditransfer. Sebenernya saya juga ga masalah sih kalau gaji saya ditransfer, tapi ikut kebijakan kan lebih enak. Mungkin si bos ingat waktu terakhir gaji saya mau ditransfer ternyata rekening bank saya ga dikenali. Duh!!

Nah, saat si bos mengumumkan nama karyawan yang gajinya bakal ditransfer, tersebutlah seorang teman yang juga menawarkan diri supaya gajinya ditransfer saja. Nah ya, saat itu mungkin prospek ditransfer lebih menguntungkan dibandingkan menerima tunai. Berlalulah sore gajian dengan tanpa masalah berarti. Tapiiiii…….

Malamnya, ada seorang teman yang gajinya ditransfer ternyata setelah dicek belum masuk. Oh la la,,,, Yasudah, saya minta dia konfirmasi ke si bos, mumpung masih kelihatan online. Dan setelah konfirmasi, akhirnya selesailah permasalahan transfer-mentransfer gaji.

Paginya, setiba di kantor, ada yang cerita kalau si karyawan yang menawarkan diri minta ditransfer mengaku belum terima transferan. Ealah ngger-ngger. In case you didn’t notice, I know you really need all the money you can get. Well then, why would you ask for it to be transferred? When you have no money and the people you promised to be paid is chasing you, you get panic.

Nah ya, tragedi payment day. Dengan kejadian ini saya jadi berpikir, memang sistem pembayaran tunai dan transfer punya kelebihan dan kekurangan. Saya jadi bersyukur bisa terima gaji tunai saat hari gajian. Kenapa? This is 2 main reasons why I’m glad to receive cash payment.

1. Cash in hand
Dengan menerima pembayaran tunai, saya jadi bisa membagi uangnya sesuai keperluan. Saving, daily expenses, credit, etc. Jadi lebih enjoyable kan kalau bisa langsung dipilah-pilah gitu.

2. Ga perlu cek saldo di ATM
Nah, untungnya gaji tunai selain uang langsung di tangan, kalau jumlahnya kurang bisa langsung komplain kan?😀 Lha kalo transfer kan kudu cek dulu di ATM, kalau kurang ya, komplainnya besok deh. Soalnya kan tenggang waktu transfer kan lumayan panjang, apa lagi kalo beda bank kadang suka nyangkut.

Nah, kejadian yang melibatkan karyawan yang mengajukan diri minta ditransfer dan akhirnya gajian telat padahal udah butuh duit banget itu bikin saya mikir kalo next time ditawarin gaji tunai atau transfer, saya akan mempertimbangkan kebutuhan saya dulu. Kalau memang duitnya masih cukup buat besok, ya it’s okay kalo ditransfer. While in her case, she already promised her fellow if she will pay her debt pas hari gajian. But why suddenly she decides to ask for transfer payment? Must be reason behind it and she looks panic and annoyed when the boss ‘forgot’ to transfer her. Hmmm…

I’m warning you, miss. Next time, harusnya dirimu mempertimbangkan dulu. Lebih baik terima cash kalo emang lagi butuh banget duitnya.

hari gajian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: