Tamie Capcay – Kriuk bin Kenyol

June 23, 2012

Yak,, tamie capcay ini termasuk salah satu makanan favorit saya. Pertama kali kenal tamie waktu jaman kuliah. Weleh, ndeso banget sih saya. Masa makanan yang namanya tamie aja ga kenal.

Waktu itu lagi lelah sama topik kuliah dan akhirnya temen-temen dan saya cangkruk di warung pinggir jalan yang menunya masakan China. Di situlah pertama kali pesen yang namanya tamie dan ternyata saya doyan eh. Mie digoreng garing terus disiram kuah capcay. Kriuk bin kenyol deh. Mantap rasanya.

Nah, setelah bertahun-tahun pisah dengan tamie capcay mendadak kepengen banget. Sayangnya di dekat rumah saya ga ada yang jualan makanan itu. Nah lho, udah terlanjur ngidam tapi ga ada yang jualan. Waktu main ke Mojokerto akhirnya ada yang jual dan tempatnya lumayan deket sama rumah temen.

Tersebutlah sebuah depot di pojokan jalan HOS Cokroaminoto, Depot Cahaya namanya. Nah depotnya menjual berbagai menu makanan China yang umum dijumpai, macam nasi goreng, kwetiaw goreng, fu yung hai, dll, termasuk si tamie yang saya pingin. Saking pinginnya, langsung aja pesen tamie capcay, saya pikir bakal banyak sayurnya. Asik dong kalo banyak sayurnya. Eh, taunya yang dateng sayurnya sepi tapi “printilannya” yang banyak. Apasih printilan? Itu lho ikan yang dicampur di capcay-nya, macem kekean, ayam, en ati ampela.

makanan china

Disajikan di piring oval plus tak lupa pendampingnya, si acar. Menarik sih tampilannya, tapi berhubung saya ga suka wortel, jadinya wortelnya saya pinggirin dan saya pindahin ke piring temen yang nemenin andok tamie.😀 Porsinya besar eh. Statusnya bener-bener dari kelaperan naik ke tingkat kekenyangan. Hehe,, si acar ngebantu banget ngilangin rasa eneg di perut.

Abis dikenalin ke Depot Cahaya itu, akhirnya tiap main ke Moxer—istilah kerennya Mojokerto—saya jadi pengen makan tamie lagi. Hehe.. Nah, kalo ada yang mampir ke Moxer, monggo dicoba andok di depot itu. Rasanya cukup enak kok, harga juga standar. Xixixii…

Baiklah, sekian reportase tamie dari saya.

2 Responses to “Tamie Capcay – Kriuk bin Kenyol”


  1. owalaaaaah~ gara2 ini kah dikau tanya itu dept dimana tempatnya. ihihihi~ baiklah~ Tamie. Akhirnya dikau tau deh tempat makan tamie di Moxer. hihihihi~
    Tapi besok kan menunya Soto nih~ jgn2 ntar dibahas lagi nih di sekilas kuliner ala dikau😄
    Ah~ kapan ah makan tamie lagi di sana =))


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: