Opini: Nol vs. Kosong

February 23, 2014

Kenapa mengangkat topik nol dan kosong? Hmmm,, karena akhir-akhir ini saya kepikiran dengan kedua kata tersebut untuk penggambaran angka. Do you familiar with this question?

Q: Nomer hape kamu berapa sih?

A: 0822 1234 5678

I spell it for you. Mostly, people will answer with: “kosong delapan dua dua satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan.” See, sudahkah menyadari poin saya? Well, kita liat contoh lainnya.

A: Saya mau cek transfer dong.

B: O iya, transfernya berapa?

A: 120,003.00 (spelling, satu dua kosong kosong kosong tiga)

Well, people menyamakan angka 0 (NOL) with kosong. Sekarang, yuk kita liat apa kata kamus.

nol num 1 bilangan yg dilambangkan dng O; 2 bilangan persiapan sebelum memasuki tingkat pertama dl urutan kelas; 3 ki tidak ada kenyataan; omong kosong: semua yg dikatakannya — belaka; 4 ki tidak ada hasil: ia sudah berusaha, tetapi hasilnya –;

— absolut Fis suhu yg terendah yg dipunyai 0oK (sama dng Kelvin), apabila berkaitan dng suhu benda; nol mutlak;

— mutlak nol absolut

kosong /ko·song/ a 1 tidak berisi: peti — itu rupanya menjadi sarang tikus; 2 tidak berpenghuni: rumah itu sudah lama –; 3 hampa; berongga: batang kangkung itudi dalamnya; 4 tidak mengandung arti: dia menerima tangan saya dng sikap dingin dan pandangan yg –; 5 tidak bergairah: sejak suaminya meninggal, hidupnya serasa –; 6 tidak ada yg menjabatnya; terluang: sudah tiga bulan jabatan kepala dinas itudan belum ada yg menggantikannya; 7 tidak ada sesuatu yg berharga (penting): pidato yg berjam-jam itubelaka; 8 tidak ada muatannya: perahu itu –; 9 ki tidak pandai; tidak cerdas: otaknya –; 10 cak nol;

melompong tidak ada isinya sama sekali; hampa belaka;

mengosongkan /me·ngo·song·kan/ v 1 membuat supaya (menjadi) kosong; menjadikan kosong dng membuang (menghilangkan) isinya: ~ gelas dng membuang isinya; 2 meninggalkan (rumah, kota, daerah, dsb): kami harus sudah ~ rumah ini besok pagi;

pengosongan /pe·ngo·song·an/ n proses, cara, perbuatan mengosongkan;

kekosongan /ke·ko·song·an/ n perihal kosong; kehampaan;

sekosong-kosongnya /se·ko·song-ko·song·nya/ adv sangat kosong; paling kosong: ~ dompetku, masih ada seribu rupiah di dalamnya

Sumber: http://kbbi.web.id/

zero

Grabbed from here

Oke, dari penjelasan kamus, memang di bagian arti “kosong” ada keterangan di nomor 10. cak nol yang berarti kata “kosong” digunakan di ragam kata tak baku untuk menyebut “nol.” However, apakah kita pernah menemukan bahwa himpunan nol sama dengan himpunan kosong (ditinjau dari sudut matematika)? Himpunan nol dapat diartikan sebagai himpunan yang beranggotakan angka “nol.” Sedangkan himpunan kosong berarti himpunan yang tidak ada isinya. Jelas berbeda antara “nol” dan “kosong.”

Mari kita napak tilas sebentar. Coba ingat-ingat apakah pernah guru TK atau SD kita mengajarkan angka kepada kita untuk pertama kalinya dengan menyebut angka 0 sebagai “kosong.” Kalau saya ingat-ingat sih rasanya ga pernah ya.

Tabel angka

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Nol Satu Dua Tiga Empat Lima Enam Tujuh Delapan Sembilan
Zero One Two Three Four Five Six Seven Eight Nine

So, kawan, seingat saya tidak ada dari guru saya yang bilang “suhu di luar saat ini di bawah kosong derajat.” Hell, pasti saya bakal ketawa ngakak, apa itu kosong derajat? Dalam bahasa Inggris pun, penyebutan 0 selalu zero atau nil. Di sini saya sepadankan “kosong” dengan empty (bisa juga disepadankan dengan blank dan sederetan sinonim lainnya).

Yah, ini sih hanya selintas pemikiran saya yang akhir-akhir ini tidak nyaman dengan penyebutan kosong untuk nol. Kalau ada yang tidak sepakat, ya tidak apa-apa.

Have a nice night ^.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: