Sorot: Siapkah Kita Belanja Online?

March 5, 2014

Selamat malam semuanya,,, apa kabar? Semoga tetap sehat di musim hujan ini.

Kali ini saya pengen banget ngobrol soal belanja online. Pastinya udah familiar banget ya, siapa sih yang ga tau apa itu belanja online. Jadi, siapkan diri buat baca sorotan panjang lebar karena unek-unek di kepala saya ini pengin keluar semua. Xixixi.

Sekarang ini eranya serba-online. Hampir semua barang bisa dibeli secara online. Saya tidak tahu kapan tepatnya era toko online ini berawal. Mungkin dari sekitaran awal tahun 2000-an era toko online di Indonesia mulai marak. Bersumber dari artikel milik labsky, toko online Indonesia mulai marak di era 2006.

toko online

grabbed from search engine result

Apa itu toko online? Toko online adalah toko yang menjual barang dan/atau jasa di dunia maya alias menggunakan jaringan Internet. Toko online bisa milik pribadi ataupun perusahaan. Contoh toko online dan situs jual-beli online terkemuka di Indonesia adalah tokopedia, bukalapak, forum jual beli kaskus, rakuten, bhinneka, blibli, tokoone, dll.

Keuntungan dan Kerugian Belanja Online

Tidak dipungkiri bahwa abad 21 membawa pergeseran budaya tersendiri. Masuknya komputer dan jaringan Internet membuat kita semakin larut dalam dunia maya. Cari teman bisa lewat Internet, gunakan saja Facebook, Twitter, Instagram, Path, Tumblr, dan social media lainnya. Kalau dulu kita sering cangkruk di warung kopi hanya demi ngobrol dan bertukar cerita, sekarang cukup dengan fasilitas chatting, kita udah bisa ngobrol dan update kabar. Wow, betapa canggihnya zaman sekarang ya.

Oke, kembali ke topik belanja online. Pekerjaan kita pun semakin dimudahkan dengan adanya Internet. Hey, kalau dulu mau beli ini itu musti pergi langsung ke tokonya, sekarang tinggal liat display di Internet, kita sudah bisa melakukan transaksi. Bebas biaya transportasi ke lokasi jualan! Gantinya, kita kudu bayar jasa kurir pengirim paket kita.

Kalau dibuat poin, keuntungan belanja online adalah:

  1. Tidak perlu ribet berjubel di toko tempat kita ingin membeli barang. Meskipun jumlah pengunjungnya ribuan, seramai apa pun toko online, kita ga akan senggol-senggolan sama orang.
  2. Mudah dalam bertransaksi. Biasanya toko online menawarkan beberapa sistem pembayaran, baik COD, transfer beserta ongkir baru barang dikirim, atau sistem rekening bersama.
  3. Paket diantar langsung ke alamat Anda. Pengiriman paket bisa menggunakan kurir toko online jika alamat Anda masih dalam wilayah dalam kota atau menggunakan jasa ekspedisi pengiriman.

Tiga poin di atas adalah beberapa keuntungan berbelanja online. Kalau ada keuntungan, tentunya ada kekurangannya juga. Kelemahan berbelanja online, kalau dirangkum dalam bentuk poin, adalah:

  1. Tidak bisa menilik barang secara real. Display yang ditampilkan di situs online biasanya adalah gambar untuk promosi, gambar hasil editan yang umumnya tampak lebih bagus dari aslinya.
  2. Tidak bisa mengira-ngira apakah barang yang dijual asli atau palsu. Beberapa penjual mencantumkan kualitas barang (original, kw1, kw2, kw3, kw super) tapi ada beberapa yang curang dan tidak menyebutkan kualitas barang. Bisa jadi gambar yang dipajang di situs adalah gambar barang original, tapi nyatanya yang dijual adalah kw. Di sinilah kita harus waspada.
  3. Posisi stok barang yang cepat berubah. Misalnya saat kita melakukan klik add to chart atau klik beli, stok barang masih ada. Namun, di waktu yang sama dengan kita mengklik barang tersebut, ada beberapa orang lain yang membeli barang yang sama padahal stok disebutkan masih ada 10pcs. Terkadang ada pembeli yang sudah melakukan pembayaran tetapi ternyata barang yang dibeli stoknya sudah kosong.
  4. Khawatir apakah toko online kredibel atau tidak. Toko-toko online besar yang sudah banyak pembelinya, tentu saja tingkat kredibilitasnya sudah terpercaya. Namun, tidak semua toko online besar menjual barang yang kita butuhkan. Kadang kita harus melirik toko online kecil, yang mungkin bahkan baru merintis, untuk membeli barang itu. Dalam hati muncul keraguan, apakah toko ini bisa dipercaya atau tidak. Ini adalah hal yang wajar sebenarnya asal tidak terlalu berlebihan.
belanja online

belanja online

Oke, kalau kita sudah tau keuntungan dan kekurangan belanja online, sudahkah kita siap berbelanja online? Saya sendiri sebagai pemilik toko online dan staf toko online besar di Surabaya, terkadang sampai ngebul kalau harus menghadapi tuntutan pembeli. Saya juga sering belanja online, jadi setidaknya bisa membatasi diri untuk tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dijelaskan di situs toko tempat saya beli barang. Tapi kadang khilaf juga tanya hal-hal yang ga seharusnya ditanyakan.

Kembali ke pertanyaan saya sebelumnya, sudahkah kita siap berbelanja online? Jika Anda ingin belanja online, sebelum melakukan transaksi, coba ikuti petunjuk berikut.

  1. Buat checklist barang apa saja yang dibutuhkan.
  2. Buat prioritas urgensi barang, misalnya barang mana yang akan digunakan secepatnya, barang mana yang bisa ditunda pemakaiannya atau barang mana yang bisa dibeli kapan aja alias urgensinya di tingkat paling bawah. Perhitungkan waktu untuk kapan memakai barang itu. Jika Anda memerlukan barang itu dalam waktu dekat, sebaiknya Anda membelinya di toko nyata (biasa juga disebut toko offline) atau mencari toko online yang satu wilayah dengan tempat tinggal Anda yang sistemnya bisa COD atau tanpa perantara, misalnya rekening bersama.
  3. Jika poin 1-2 sudah dilakukan, saatnya Anda menjelajah dunia maya untuk mencari toko online yang menjual barang yang Anda butuhkan dengan harga yang cocok dengan kantong Anda.
  4. Temukan toko online yang kredibel dengan melihat testimoni pembeli dan cek ulang dengan melakukan pencarian kemungkinan penipuan oleh toko yang bersangkutan.
  5. Baca bagian “Cara Membeli” sebelum Anda melakukan order apa pun di toko online. Di halaman Cara Membeli biasanya sudah tercantum pon-poin yang harus diperhatikan oleh pembeli jika berbelanja di toko tersebut. Pahami benar keterangan yang ditulis di halaman itu.
  6. Lakukan order hanya jika Anda sudah sepakat dengan sistem toko online. Jika Anda tidak sepakt dengan sistem sebuah toko, jangan sekali-kali melakukan order di toko tersebut. Kenapa? Karena saat melakukan order, Anda dianggap setuju dan terikat dengan sistem toko dari proses awal hingga barang sampai ke Anda.
  7. Konfirmasikan pembayaran Anda sesuai dengan persyaratan toko online tempat Anda membeli barang. Toko online umumnya menyediakan sistem bayar di tempat (COD) atau transfer ke rekening milik toko. Sudah lumrah bagi pemilik toko online untuk menyediakan beberapa rekening untuk memudahkan pembelinya. Jika Anda memilih sistem COD, pastikan anda mencentang opsi COD. Jika Anda memilih transfer ke rekening toko, Anda harus melakukan konfirmasi pembayaran agar transfer Anda bisa dicek oleh Admin toko apakah sudah diterima atau belum. Biasanya format standar konfirmasi untuk pembayaran system transfer adalah dengan menyebutkan tanggal transfer, jumlah transfer, dari rekening atas nama siapa, dan pilihan rekening toko.
  8. Tunggulah konfirmasi dari toko tempat Anda membeli barang. Masing-masing toko mempunyai kebijakan sendiri-sendiri. Ada yang melakukan cek setiap ada pembeli yang konfirmasi; ada juga yang melakukan cek di waktu-waktu terjadwal, misalnya konfirmasi pembayaran yang masuk setiap harinya sampai pada jam tertentu akan dicek hari itu juga. Pastikan Anda memahami alur sebuah toko online. Setelah toko melakukan cek, Anda akan diberikan konfirmasi, bisa via SMS atau email atau telepon tentang pengiriman paket dan ketentuannya.
  9. Konfirmasikan ke toko jika Anda sudah menerima paket barang yang Anda pesan. Biasakan mengisi kolom testimoni pembeli tentang pengalaman Anda berbelanja di toko tersebut. Jika pelayanan toko ternyata tidak atau kurang memuaskan, Anda bisa menggunakan kata-kata yang sopan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun. Ingatlah bahwa pengelola toko online mengandalkan testimoni pembeli untuk membangun kredibilitas toko mereka.

Kedelapan poin di atas adalah hal-hal yang saya anggap sangat penting saat berbelanja online. Perlu diperhatikan bahwa berbelanja secara online adalah sangat berbeda dengan berbelanja di toko nyata. Misalnya, Anda tidak bisa melakukan tawar-menawar harga seperti yang bisa dilakukan saat berbelanja di toko nyata. Harga yang terpampang di web adalah harga pasti.

belanja-online

Pahami Cara Membeli

Toko online berkonotasi milik perorangan. Mudah untuk berhubungan langsung dengan penjual karena biasanya penjual sendiri yang menjaga toko online-nya. Tapi ada juga situs jual beli online yang merupakan wadah beberapa penjual online yang difasilitasi oleh rekening bersama. Di sini, Anda juga bisa melakukan kontak dengan penjual sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pengelola situs. Situs jual beli yang difasilitasi oleh rekening bersama bisa menjamin keamanan transaksi Anda.

Keuntungan dan kerugian belanja di situs jual beli online

Anda bisa memilih belanja di toko online milik perorangan atau berbelanja di situs jual beli online yang memiliki scoop lebih luas dibanding toko online. Berikut adalah beberapa keuntungan belanja online di situs jual beli yang difasilitasi rekening bersama.

  1. Bebas dari penipuan. Baik penipuan dari pihak penjual maupun dari pembeli. Uang pembeli akan ditampung di rekening bersama milik pengelola situs dan baru akan ditransfer ke penjual jika barang sudah sampai ke pembeli. Penjual tidak akan ragu mengirim barang ke pembeli karena sudah mendapat “lampu hijau” dari pengelola situs yang memastikan bahwa pembeli benar sudah melakukan pembayaran.
  2. Pilihan penjual yang lebih banyak. Pengelola situs jual beli biasanya memberikan reward ke penjual dengan memberikan rating. Hal ini akan menunjukkan ke pembeli bahwa penjual ini layak dipercaya. Semakin tinggi rating, semakin tinggi tingkat kredibilitas penjual. Jika Anda menemukan 2 penjual berbeda dengan rating yang berbeda, Anda bisa memilih penjual dengan rating kredibilitas yang lebih tinggi dibanding lainnya.
  3. Pelayanan komplain. Pengelola situs jual beli biasanya mempunyai bagian sendiri untuk menanggapi komplain pembeli. Jika Anda merasa tidak puas dengan barang yang Anda terima, Anda bisa melayangkan komplain ke bagian yang tepat agar bisa diarahkan untuk solusi penyelesaian. Harap diingat, jangan membuat komplain lebih dari 3x24jam sejak barang diterima.

Kerugian berbelanja di situs jual beli yang difasilitasi rekening bersama diantaranya:

  1. Proses yang lebih panjang. Semakin besar situs jual beli, semakin banyak yang melakukan order. Hal ini bisa membuat proses transaksi menjadi lebih panjang.
  2. Sistem yang terkesan berbelit-belit. Biasanya situs jual beli menyediakan 2 kontak berbeda, satu kontak untuk berhubungan langsung dengan penjual dan satu kontak lagi untuk menghubungi staf situs jual beli. Silakan manfaatkan nomor kontak ini sebaik-baiknya dan tidak berlebihan.
  3. Pengiriman paket yang terkesan lambat. Dalam hal ini, pengelola situs jual beli adalah perantara Anda dengan penjual dan sebaliknya. Terkadang ada penjual yang tergabung dalam situs jual beli online tapi tidak mempunyai situs toko online sendiri. Ini bisa berarti bahwa akan ada delay informasi order dari pengelola ke penjual tentang order Anda. Dalam tata cara pembelian biasanya sudah dicantumkan bahwa ada batas waktu maksimal yang diberikan ke penjual untuk memproses order Anda.

Berbelanja di toko online mana pun, jangan sekali-kali Anda melupakan sikap sopan santun. Meski tidak langsung bertatap muka dengan si penjual, harap menggunakan kata-kata yang sopan untuk bertanya. Jika pertanyaan Anda belum dijawab, harap sabar menunggu. Toko online tidak buka 24 jam. Pengelola juga butuh istirahat seperti Anda bekerja di kantor.

Poin-poin yang harus diperhatikan saat berbelanja online:

  1. Cek ulang jam operasional toko. Jika tokonya buka hanya sampai jam 6 sore dan Anda sms di jam 8 malam, jangan mengomel bila pertanyaan Anda tidak ditanggapi dan baru dibalas keesokan harinya saat toko sudah buka.
  2. Ingat bahwa bukan hanya Anda sajalah yang berbelanja di toko tersebut. Hal inilah yang tampaknya sering dilupakan oleh pembeli. Staf toko online menganggap semua pembeli adalah penting. Bayangkan jika ada 50 pelanggan menghubungi Anda pada saat yang hampir bersamaan dengan 50 pertanyaan berbeda. Apa yang akan Anda lakukan?
  3. Lakukan konfirmasi dengan benar sesuai dengan format yang diinfokan oleh toko tempat Anda berbelanja. Jika konfirmasi Anda belum dibalas, lihat poin 1. Perhatikan lagi kapan Anda melakukan pembayaran.
  4. Baca dengan teliti isi konfirmasi dari toko online. Pada dasarnya isi email konfirmasi adalah berupa instruksi, apakah Anda diminta untuk mengontak nomor tertentu atau menunggu konfirmasi selanjutnya.
  5. Jangan menanyakan hal yang sama berulang kali.
  6. Budayakan antri. Belanja di toko online juga butuh antri, CS tidak mungkin sanggup melayani lebih dari 2 pembeli di satu waktu.
  7. Jangan membuat pernyataan yang absurd jika pertanyaan Anda belum ditanggapi. Sudah banyak customer service toko online menerima pernyataan “Ini penipuan ya? Kok pertanyaan saya ga dijawab?” atau “Kok telpon saya ga diangkat sih” atau “Saya telpon ke nomor ini kok tidak nyambung.”  Sekali lagi, mohon perhatikan poin 1 dan 2.
  8. Jika sudah diberi nomor resi, harap perhatikan lagi instruksi selanjutnya. Anda bisa melakukan tracking online di web ekspedisi yang digunakan. Jangan panik bila nomor resi yang Anda masukkan datanya tidak ditemukan di tracking online. Cek ulang tanggal berapa Anda pesan dan tanggal berapa resi diinfokan. Tunggu dulu 2×24 jam dan lakukan tracking online lagi, data paket yang baru dikirim tidak langsung muncul seketika di data tracking online. Jika masih tidak ditemukan juga, Anda bisa mengontak petugas toko online untuk konfirmasi.

Sejauh ini saya mengamati bahwa banyak sekali orang yang maunya belanja online tapi tidak siap berbelanja online. Ketidaksiapan tersebut bisa dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yang terkadang tidak masuk di nalar. Staf dan pengelola toko online ini juga seperti pegawai kantor biasa yang mempunyai banyak tugas dan jam kantor. Tidak selalu siaga 24 jam seperti iklan McDonald’s atau Pizza Hut.

Terima kasih buat yang sudah menguatkan mata dan membaca sampai akhir. Setelah curhat panjang lebar di atas, ajukan pertanyaan lagi kepada diri sendiri. Sudah siapkah saya berbelanja online?

Referensi lain untuk topik toko online dan belanja online:
http://www.visigraphic.com/toko-online
http://labsky2012.blogspot.com/2012/09/tugas-5-perkembangan-toko-online.html
http://www.kapanbisa.com/sejarah-serta-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia
http://shecantik.com/news/1/Tips-Aman-Belanja-Online

One Response to “Sorot: Siapkah Kita Belanja Online?”


  1. Siap atau tidak siap, sekarang ini sudah masuk era online shopping. Yang terpenting adalah selalu berhati-hati dalam setiap melakukan transaksi jual beli online, cari referensi dan tips untuk berbelanja online secara aman, salah satunya ada di http://www.pedege.com/tips-belanja-online-aman/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: